Sabtu, 18 Februari 2012

Situ Patenggang


Situ Patengan (Patenggang) atau danau Patenggang terletak di Ciwidey di tengah-tengah perkebunan teh yang hijau di sebelah selatan Bandung. Pesona alamnya begitu indah dengan suasana alam pegunungan yang sejuk.

Situ ini menyimpan kisah cinta abadi antara Dewi Rengganis dan Ki Santang. Di tengah-tengah Situ Patengan terdapat sebuah pulau yang diberi nama “Sasaka” yang berarti pulau romantis, kerap disebut Pulau Cinta. Di pulau ini terdapat bebatuan yang disebut Batu Cinta. Keberadaan Pulau Cinta ini tidak terpisahkan dari kelanjutan kisah Dewi Rengganis dan Ki Santang yang akhirnya bertemu di Batu Cinta. Dewi Rengganis lalu meminta Ki Santang untuk membuat sebuah perahu untuk berperahu bersama-sama. Perahu inilah yang kemudian menjadi Pulau Sasaka. Kisah turun temurun ini membuat orang percaya bahwa jika sepasang kekasih singgah di Batu Cinta dan di sekitar Pulau Sasaka, cinta mereka akan kekal seperti cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang.

Di sepanjang perjalanan dapat ditemui beberapa toko oleh-oleh khas daerah selatan Bandung, seperti Bandrek Abah, bumbu Rudjak Ciherang, buah strawberry bahkan kopi luwak.

Foto Lainnya :



2 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More